Makalah obesitas pada anak

Menyatakan gambaran diri lebih nyata Kriterian hasil: Penanggulangan obesitas pada anak lebih sulit dibandingkan obesitas dewasa, karena penyebab obesitas yang multifaktorial dan anak yang masih dalam taraf tumbuh kembang. Factor-faktor obesitas di antaranya adalah Faktor genetic, makanan cepat saji dan makanan ringan dalam kemasan, minuman cepat saji, serta kurangnya aktivitas fisik.

Secara klinis obesitas dengan mudah dapat dikenali karena mempunyai tanda dan gejala yang khas, yaitu: Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak: Obesitas berat: Mengembalikan pola napas normal Kriteria hasil: Paha tampak besar, terutama pada bagian proximal, tangan relatif kecil dengan jari โ€” jari yang berbentuk runcing.

Obesitas sedang: Hal ini akan muncul jika si anak mengkonsumsi kalori berlebih dari jumlah yang seharusnya ia konsumsi. Tumbuh Kembang Anak. Indikator kesehatan bagi anak atau balita juga tidak hanya ditentukan melalui berat badan. Tidak Aktif Secara Fisik Teknologi modern banyak memaksa anak-anak kita untuk lebih banyak duduk diam menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer maupun televisi sehingga mereka tidak banyak bergerak.

Terdapat peningkatan kadar low-density lipoprotein cholesterol jahatpenurunan kadar high-density lipoprotein cholesterol baik dan peningkatan kadar trigliserida.

Tujuan jangka panjang adalah perubahan gaya hidup yang menetap. Jalur descending anabolik dan katabolik diduga mempengaruhi respon neuron di NTS yang mengatur penghentian makan. Penambahan jaringan lemak meningkatkan aliran darah.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa faktor keturunan tidak lantas membuat seseorang memiliki berat berlebih.

Makalah Obesitas

Sinyal rasa kenyang ini menuju NTS terutama melalui nervus vagus. Ada banyak cara untuk mengendalikan kegemukan pada anak; Berilah susunan makanan yang sehat secara seimbang, berilah banyak buah dan sayuran setiap makan, upayakan banyak kesempatan beraktivitas fisik terutama di luar ruangan.

Pemeriksaan urin bertujuan untuk menilai kadar glukosa yang normalnya negative -dimana orang yang obesitas kemungkinan dapat menderita penyakit diabetes melitus. Kolaborasi dengan ahli gizi untuk menentujan keb kalori dan nutrisi untuk penurunan berat badan 5.

Pemeriksaan penunjang: Karena obesitas dapat dialami oleh siapa saja mulai dari usia dini, bayi, balita, remaja, orang dewasa dan usia lanjut tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Diagnosa keperawatan yang mungkin muncul 1. Latih anak untuk aktif bergerak.

Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan berdasarkan beberapa pengukuran tertentu.

Jangan berikan banyak makanan dan minuman manis, karena ini adalah sumber kalori yang dapat meningkatkan berat badan.

Memasaklah dengan metode rendah lemak, seperti memanggang dan mengukus, ketimbang menggoreng.

C Tujuan Penulisan Penanganan obesitas bisa lebih cepat dilakukan, serta orang tua bisa mengakses materi konseling dan dapat diprint.

Perubahan dan pola hidup yang semakin berubah dan terkesan lebih modern mengikuti zaman. Penimbunan lemak yang berlebihan dibawah diafragma dan di dalam dinding dada bisa menekan paru โ€” paru, sehingga timbul gangguan pernafasan dan sesak nafas, meskipun penderita hanya melakukan aktivitas yang ringan.

Klien dapat bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dokter anak terkait obesitas anaknya. Berikut beberapa penyebab dan penanganan obesitas untuk Anda pelajari: Masing-masing anak mengalami sistem metabolisme yang berbeda satu sama lain.

Melakukan latihan fisik atau olahraga merupakan salah satu cara efektif dalam program penurunan berat badan dalam jangka panjang. Bentuk tubuh, penampilan dan raut muka penderita obesitas: Penanggulangan obesitas anak sebaiknya dilakukan secara terapadu antara dokter anak, dietisien, psikolog dan petugas kesehatan lain.

Untuk mengetahui tanda-tanda vital, ada tidaknya distensi vena jugularis, pucat, edema, dan kelainan bunyi jantung.Obesitas pada anak usia dini membutuhkan evaluasi dari medis dengan lebih menyeluruh oleh dokter anak dan juga dari keluarga untuk membantu mempertimbangkan kemungkinan dari terjadinya penyebab fisik yang muncul.

Cara Mencegah Obesitas pada Anak Dengan membatasi minuman dan makan yang mengandung kadar kalori dan gula yang tinggi,seperti coklat,minuman bersoda,biskuit,kue dan es nathalie-masson.com mengganti buah- buahan dan sayur-sayuran seperti jus buah,agar-agar,kripik sayur dan susu rendah lemak.

Jika anda masak sendiri,usahakan untuk dibakar atau nathalie-masson.com,ikan,nathalie-masson.com cara. ยท Penelitian Syarif menemukan hipertensi pada 20 โ€“ 30% anak yang obesitas, terutama obesitas tipe abdominal. Dengan demikian obesitas pada anak memerlukan perhatian yang serius dan pananganan yang sedini mungkin, dengan melibatkan peran serta orang tua.

Obesitas dapat terjadi pada semua golongan umur, akan tetapi pada anak biasanya timbul menjelang remaja dan dalam masa remaja terutama anak wanita, selain berat badan meningkat dengan pesat, juga pertumbuhan dan perkembangan lebih cepat (ternyata jika periksa usia tulangnya), sehingga pada akhirnya remaja yang cepat tumbuh dan matang itu akan mempunyai tinggi badan yang relative.

Pada dasarnya makalah ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang Obesitas pada Anak. Obesitas pada anak adalah kondisi medis pada anak yang ditandai dengan barat badan di atas rata-rata dari Indeks Massa Tubuhnya (Body Mass Index) yang di atas normal.

Indeks Massa Tubuh (IMT) dihitung dengan cara mengalikan berat badan anak kemudian dibagi dengan kuadrat dari besar tinggi anak.

Makalah obesitas pada anak
Rated 4/5 based on 28 review