Reaksi kimia karbohidrat

Reduksi asam aldonat dengan sedium amolgen akan menghasilkan asam yang namanya berakhiran uronat. Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak.

Dibandingkan dngan sukrosa zat ini lebih sukar larut dan kurang manis. Laktosa dipakai untuk membuat makanan bayi dan diet spesial. Reaksi Mollish Karbohidrat dapat dihidrolisis secara kualitatif maupun kuantitatif. Hidrolisis total dari polisakarida menghasilkan monosakarida. Kemudian dipanaskan terjadi lagi perubahan yaitu warna larutan abu-abu keruh dan terbentuknya endapan cermin perak pada dinding tabung reaksi dan endapan berwarna kehitaman, setelah larutan di dinginkan warna larutan berubah lagi menjadi bening kehijauan dan endapannya berwarna hitam.

Ulangi langkah a — c untuk, sukrosa, amilum dan selulosa. Hidrolisis sebagian polisakarida menghasilkan oligosakarida dan dapat digunakan untuk menentukan struktur molekul polisakarida Sirajuddin dan Najamuddin, Pereaksi molisch membentuk cincin yaitu pada larutan glukosa, fruktosa, sukrosa, laktosa, maltosa, dan pati menghasilkan cincin berwarna ungu hal ini menunjukkan bahwa uji molish sangat spesifik untuk membuktikan adanya golongan monosakarida, disakarida dan reaksi kimia karbohidrat pada larutan karbohidrat.

Senyawa ini merupakan hasil hidrolisis parsial dari pati. Hal ini karena ada beberapa senyawa yang mempunyai rumus empiris seperti karbohidrat tetapi bukan karbohidrat. Ada empat jenis disakarida yaitu sukrosa atau sakarosa, maltosa, laktosa, dan trehalosa. Semoga bermanfaat dan dapat lebih meningkatkan kesadaran kita untuk dapat senantiasa melakukan kebiasaan hidup sehat.

Fessenden, 1. Sellulosa membentuk komponen serat dari dinding sel tumbuhan. Maltosa Maltosa adalah suatu disakarida yang terbentuk dari dua molekul glukosa. Textbook of Biochemistry.

Identifikasi monosakarida dilakukan berdasarkan sifat kemampuannya mereduksi, yang dilakukan menggunakan uji Benedict. Karbohidrat yang penting dalam ilmu gizi dibagi dalam dua golongan, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Pada praktikum ini menggunakan delapan jenis sampel yang diuji apakah dia termasuk ke dalam senyawa aldehid atau senyawa keton.

Beberapa molekul karbohidrat ada yang mengandung unsur nitrogen dan sulfur. Jika pada reaksi ini positif maka akan dapat diketahui dengan perubahan warna yaitu terbentuk cincin cokelat saat larutan hasil reaksi ditambahkan beberapa tetes asam sulfat pekat.

Laporan Praktikum Kimia Kualitatif Tentang Karbohidrat

Masukkan 2 mL pereaksi Fehling ke dalam tabung reaksi. Kedua jenis alkohol ini banyak digunakan dalam industri pangan. Hidrolisis lebih lanjut menghasilkan glukosa, oleh karena itu selebrosa adalah isomer dari maltose.

REAKSI-REAKSI UJI KARBOHIDRAT

Terlihat bahwa monosakarida menunjukkan kereaktifan yang lebih besar daripada disakarida maupun polisakarida. Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian dan fungsi karbohidrat. Glukosa Glukosa adalah suatu aldoheksosa dan sering disebut dekstrosa karena mempunyai sifat dapat memutar cahaya terpolarisasi ke arah kanan.

Berdasarkan gugus yang ada pada molekul karbohidrat dapat didefinisikan sebagai polihidroksialdehida dan polihidroksiketon atau senyawa yang menghasilkannya pada proses hidrolisis.

Uji Benedict Uji ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya gugus aldehid atau gugus keto bebas dalam sampel. Setelah pencampuran, H2SO4 p perlahan-lahan dituangkan melalui dinding tabung reaski agar tidak sampai bercampur dengan larutan atau hanya membentuk lapisan Monruw, D.

Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi penduduk di seluruh dunia, karena banyak didapat alam dan harganya relatif murah.

Jurnal Biokimia Anailsis karbohidrat

Derivat monosakarida yang membentuk mukopolisakarida tersebut adalah gula amino dan asam uronat. Merupakan jenis sakarida yang paling manis, banyak dijjumpai pada mahkota bunga, madu dan hasil hidrolisa dari gula tebu.

Hanya karbohidrat yang unit monosakaridanya terikat dalam bentuk alfa dapat dicernakan.Karbohidrat dapat digolongkan ke dalam monosakarida, disakarida dan polisakarida. Struktur khas monosakarida dapat diidentifikasi menggunakan reaksi kimia berikut.

Karbohidrat-karbohidrat tersebut dapat didefinisikan berdasarkan reaksi kimia, Pada tanaman karbohidrat dibentuk melelui reaksi antara karbondioksida dan. Respirasi aerob adalah proses reaksi kimia yang terjadi apabila sel menyerap O2, Karbohidrat adalah senyawa yang tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O.

Metabolisme sangat penting bagi makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Metabolisme adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup Author: Arsyad_Moon. 22/10/ · Praktikum biokimia, reaaksi uji karbohidrat, uji karbohidrat, karbohidrat5/5.

Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mempelajari dan memahami reaksi-reaksi uji pada karbohidrat.

Reaksi kimia karbohidrat
Rated 4/5 based on 60 review